Program Tukar Tabung 3 Kg untuk Non UMKM di Kepulauan Riau

(Beritadaerah-Kepri) PT Pertamina Patra Niaga Kepulauan Riau (Kepri) menghadirkan program trade-in tukar tabung 3 kg, untuk pelaku usaha non UMKM maupun seluruh konsumen yang tidak termasuk dalam komoditas usaha pengguna gas 3 kg. Hal tersebut disampaikan Sales Branch Manager PT Pertamina Patra Niaga Kepri, Gilang Hisyam, melalui keterangan resmi  Rabu (2/10/2024).

Gilang mengatakan, Pertamina menawarkan program trade-in secara gratis, yaitu dengan menukarkan tabung elpiji 3 kg menjadi tabung Bright Gas seberat 5 kg dan 12 kg.

Menurut Gilang, dua tabung elpiji 3 kg dapat ditukar dengan satu tabung Bright Gas 5,5 kg, atau empat tabung elpiji 3 kg ditukar dengan Bright Gas 12 kg, beserta isinya.

“Untuk seluruh konsumen yang tidak termasuk dalam komoditas usaha pengguna 3 kg. Kami ada program trade in, jadi untuk pelaku usaha laundry, usaha kafe, rumah makan yang tidak masuk kategori UMKM,” kata Gilang.

Ia menyampaikan, penukaran tersebut dapat dilakukan di kantor Pertamina Kepri di Batam. Adapun rentang waktu penukaran tabung gas 3 kg yang diberikan Pertamina untuk program trade in tersebut hingga Desember 2024, dan untuk 100 konsumen pertama diberikan secara gratis untuk pengisian gas.

Pendistribusian LPG Tabung 3 Kg perlu dilakukan secara tepat sasaran mengingat LPG Tabung 3 Kg ini juga merupakan barang penting sesuai ketentuan Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2015. Selain itu LPG Tabung 3 Kg juga memiliki sasaran pengguna yakni rumah tangga untuk memasak, usaha mikro untuk memasak, nelayan sasaran, dan petani sasaran, sesuai ketentuan dalam Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2007 dan Peraturan Presiden Nomor 38 Tahun 2019.