Indonesia Tingkatkan Kolaborasi Global melalui Teknologi Industri 4.0 di Manufacturing World Osaka 2024

(Beritadaerah-Jakarta) Indonesia terus memperkuat langkah dalam mengimplementasikan teknologi industri 4.0 dan smart manufacturing di kancah internasional melalui partisipasi di acara Manufacturing World Osaka (MWO) 2024. Pameran yang berlangsung pada 2-4 Oktober 2024 di Intex Osaka, Jepang ini, menampilkan 10 perusahaan industri terkemuka asal Indonesia, difasilitasi oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan bahwa ajang ini merupakan momentum penting bagi Indonesia untuk memamerkan kemajuan teknologinya, sekaligus membuka peluang kolaborasi dan ekspansi pasar global, khususnya di Asia. “Langkah ini diharapkan mempercepat transformasi industri nasional ke era revolusi industri 4.0 serta memperkenalkan inovasi Indonesia ke dunia,” ujar Agus dalam pernyataan resmi.

Pameran ini, salah satu yang terbesar di Jepang, menarik lebih dari 1.200 peserta dari berbagai negara dan mempertemukan pelaku industri di sektor seperti Design Manufacturing, IoT, dan AI industri. Dengan lebih dari 35.000 pengunjung, MWO 2024 menjadi platform strategis bagi Indonesia untuk memperkuat daya saingnya di pasar global.

Di acara tersebut, Indonesia juga menyelenggarakan Business Forum bertajuk *A Glimpse of Indonesia Advanced Manufacturing: Exploring Opportunity*. Forum ini dihadiri oleh lebih dari 100 peserta, membahas peluang investasi dan kolaborasi di sektor manufaktur serta dekarbonisasi di Indonesia.