Kemendag Dorong UMKM Go Digital dengan Program UMKM JAGO

(Beritadaerah-Jakarta) Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri terus memperkuat branding produk UMKM di era digital dengan menggelar program UMKM JAGO (Jadi Go Digital). Program ini dirancang untuk mendukung transformasi digital UMKM, sekaligus meningkatkan daya saing mereka di pasar global.

“Kegiatan ini adalah bagian dari upaya kami untuk memperkuat literasi digital pelaku UMKM dan memaksimalkan teknologi digital dalam promosi produk,” ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Moga Simatupang, dalam acara Fasilitasi Penguatan Branding Produk UMKM JAGO di Auditorium Kemendag, Senin (7/10/2024).

Program ini merupakan kolaborasi antara Kemendag, Lampu.id, dan Lazada Indonesia. Sebanyak 1134 UMKM mendaftar, namun hanya 250 yang terpilih untuk mengikuti program ini melalui proses seleksi ketat. Para peserta akan menerima pelatihan digital yang meliputi strategi pemasaran melalui platform online, media sosial, dan marketplace.

Program ini berfokus pada peningkatan literasi digital bagi UMKM di Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi, dengan memberikan pelatihan terkait promosi dan pemasaran online. Dari 1.134 pendaftar, terpilih 250 UMKM yang akan mengikuti program ini berdasarkan kriteria tertentu, termasuk pengalaman usaha minimal 2 tahun dan komitmen untuk mengikuti seluruh rangkaian pelatihan.

Moga berharap melalui program ini, UMKM dapat memperkuat branding produk mereka secara digital dan meningkatkan pendapatan di pasar yang lebih luas.