(Photo: Infopublik)

Indonesia Tampilkan Kemajuan Sistem Perkeretaapian di Forum Global

(Beritadaerah-Jakarta) Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Abu Dhabi, berpartisipasi dalam ajang bergengsi Global Rail Transport Infrastructure & Exhibition 2024.

Tujuan utama kehadiran Indonesia dalam acara ini adalah untuk menunjukkan kemampuan serta teknologi infrastruktur perkeretaapian yang telah berkembang pesat, sekaligus menciptakan peluang kolaborasi investasi di sektor transportasi kereta api.

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Mohamad Risal Wasal, menyatakan bahwa pihaknya membawa berbagai perwakilan dari stakeholder industri, seperti PT Kereta Api Indonesia (KAI), PT KAI Commuter Indonesia (KCI), PT INKA, PT Len Railway System (LRS), PT Adhikarya, dan PT MRT Jakarta. Kehadiran mereka diharapkan dapat membuka peluang baru di tingkat internasional, mengingat meningkatnya permintaan global untuk infrastruktur transportasi yang berkelanjutan dan inovatif.

“Fokus utama kami adalah inovasi teknologi, peningkatan kualitas layanan, serta pengembangan sistem kereta api yang ramah lingkungan. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk menjadikan Indonesia sebagai pemimpin dalam inovasi infrastruktur perkeretaapian secara global,” jelas Risal Wasal.

Setelah pameran, Risal dan perwakilan stakeholder lainnya juga mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Energi dan Infrastruktur PEA serta pimpinan Etihad Rail. Pertemuan ini bertujuan untuk mendiskusikan potensi kerja sama investasi yang dapat mendukung pembangunan dan modernisasi sistem perkeretaapian di Indonesia.

“Harapan kami, kerja sama ini dapat berlanjut dan memberikan dampak positif bagi pengembangan infrastruktur kereta api nasional, dengan penerapan teknologi dan standar internasional yang lebih baik,” tutupnya.