Program GENIUS Perkuat Gizi Anak Sekolah Menuju Indonesia Emas 2045

(Beritadaerah-Jakarta) Program GENIUS (Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa) diinisiasi untuk meningkatkan kualitas gizi anak sekolah dalam rangka mendukung pencapaian visi Indonesia Emas 2045. Deputi Kerawanan Pangan dan Gizi dari Badan Pangan Nasional (Bapanas), Nyoto Suwignyo, menegaskan pentingnya asupan gizi seimbang bagi anak-anak usia sekolah yang akan menjadi generasi produktif di masa depan.

“Anak-anak yang kita perhatikan sekarang akan menjadi kekuatan utama di tahun 2045. Pangan bergizi seperti yang disediakan melalui program GENIUS sangat penting bagi perkembangan mereka,” ujar Nyoto dalam acara Evaluasi Program GENIUS 2024 di Bekasi, Kamis (17/10/2024).

Program ini berfokus pada penyediaan makanan bergizi, termasuk protein hewani, untuk mencegah anemia dan mendukung pertumbuhan optimal. Selain itu, kegiatan edukasi gizi melalui yel-yel dan jingle di sekolah juga diakui berperan penting dalam menanamkan kebiasaan makan sehat pada anak-anak.

Perwakilan FAO untuk Indonesia, Rajendra Aryal, memuji program ini sebagai upaya konkret dalam memenuhi Hak atas Pangan dan memperkuat ketahanan pangan nasional. Sementara itu, Nita Yulianis, Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi Bapanas, menambahkan bahwa program ini telah menjangkau lebih dari 42 ribu siswa di 50 kabupaten/kota sejak 2023.