Menteri Widiyanti Siap Percepat Pariwisata Berkelanjutan dan Go Global

(Beritadaerah-Nasional) Menteri Pariwisata, Widiyanti Putri Wardhana, dengan penuh keyakinan menegaskan komitmennya untuk mempercepat pertumbuhan sektor pariwisata yang menjadi motor utama ekonomi nasional, berkelanjutan, inklusif, dan berdaya saing global. Hal ini akan diwujudkan melalui program-program strategis serta langkah praktis yang telah direncanakan.

“Saya sangat optimistis dengan pondasi yang sudah kuat dan strategi yang jelas, kita dapat mempercepat pertumbuhan sektor pariwisata sebagai penggerak ekonomi yang inklusif, berkelanjutan, dan mendunia. Indonesia adalah ‘paradise on earth’, dan kita pasti mampu mencapainya,” ujar Widiyanti dalam sambutannya.

Pernyataan tersebut disampaikan Menpar Widiyanti Putri saat Serah Terima Jabatan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) periode 2020-2024 dari Sandiaga Salahuddin Uno kepada dirinya, serta Menteri Ekonomi Kreatif, Teuku Riefky Harsya, di Balairung Susilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Widiyanti menekankan bahwa pencapaian target lima tahun ke depan membutuhkan sinergi dengan Menteri Ekonomi Kreatif. Fokus utamanya adalah menggali potensi alam, kekayaan seni, budaya, serta sektor industri kreatif untuk mencapai target pemerintah.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja Menparekraf Sandiaga Uno dan Wakilnya, Angela Tanoesoedibjo, atas pencapaian mereka. Hasil tersebut menjadi landasan kuat untuk kita melangkah lebih jauh,” ujarnya.

Widiyanti berharap untuk mendapatkan masukan dari jajaran Kementerian, termasuk dari mantan Menparekraf, agar visi misi pemerintah di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dapat diimplementasikan secara optimal.

Sebagai sosok yang berpengalaman lebih dari 30 tahun di dunia usaha, Widiyanti menyadari pentingnya strategi yang matang serta kolaborasi lintas sektor untuk mencapai target. Ia akan memfokuskan enam bulan pertama pada membangun komunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan di sektor pariwisata untuk memahami tantangan yang ada.

Mengenai pengembangan sumber daya manusia (SDM), khususnya di lima destinasi super prioritas, Widiyanti berkomitmen untuk mendirikan sekolah unggulan yang akan meningkatkan kualitas SDM, sehingga mereka lebih siap bersaing di pasar kerja.

“Pengembangan SDM berkualitas adalah salah satu prioritas kita. Kita akan membangun sekolah unggulan di destinasi prioritas untuk meningkatkan keterampilan masyarakat setempat,” ujarnya.

Widiyanti juga menyoroti pentingnya penguatan infrastruktur serta promosi internasional untuk memperkenalkan pariwisata Indonesia ke dunia. Ia menegaskan bahwa kolaborasi erat dengan sektor Ekonomi Kreatif (Ekraf) akan mempercepat pencapaian target tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Ekonomi Kreatif, Teuku Riefky Harsya, menyatakan keyakinannya bahwa sinergi antara sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan memberikan dampak signifikan bagi ekonomi nasional, khususnya dalam mencapai Indonesia Maju dan Indonesia Emas 2045.

“Dengan kolaborasi yang kuat, kita optimistis bisa mencapai target Indonesia Maju dan menjadi kekuatan ekonomi kreatif global,” tambah Riefky.

Widiyanti Putri Wardhana dan Teuku Riefky Harsya secara resmi dilantik sebagai bagian dari Kabinet Merah Putih periode 2024-2029 pada Senin (21/10/2024) di Istana Negara, Jakarta, bersama 46 menteri lainnya yang akan mendukung pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.