(Beritadaerah-Jakarta) PT Hotel Indonesia Natour (InJourney Hospitality), anak usaha PT Aviasi Pariwisata Indonesia (InJourney) pada saat tradisi serta liburan keluarga mencatatkan peningkatan okupansi kamar. Dengan mengelola 38 properti yang terdiri dari 37 hotel dan satu lembaga pendidikan, serta 13 portofolio hotel, perusahaan mencatat peningkatan okupansi kamar sebesar 4,1% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Hotel-hotel unggulan seperti Inna Sindhu Beach Hotel, Merusaka Nusa Dua, The Meru Sanur, Lafayette Boutique Hotel, dan The Manohara Yogyakarta menjadi favorit wisatawan selama periode liburan. Puncaknya terjadi pada hari ketiga Idul Fitri, 2 April 2025, ketika okupansi mencapai 83% dengan total 3.858 kamar terjual.
Klaster Jawa mencatat tingkat hunian tertinggi sebesar 91,7%, disusul Sumatera 86,5%, Bali 80,2%, dan Kalimantan 70,2%. Sementara itu Klaster Nusa Tenggara dan Sulawesi juga menunjukkan pertumbuhan yang menggembirakan, mengindikasikan pemerataan aktivitas pariwisata di berbagai wilayah.
Pada periode 28 Maret–5 April 2025, Klaster Bali menjadi yang tertinggi secara rata-rata dengan okupansi 73,1%, didorong oleh performa Inna Sindhu Beach Hotel, Merusaka Nusa Dua, dan The Meru Sanur. Klaster Jawa membuntuti dengan 69,8%, dengan Lafayette Boutique Hotel Yogyakarta sebagai yang terdepan.
Di Sumatera, Khas Ombilin unggul, sementara Meruorah Komodo Labuan Bajo memimpin Klaster Nusa Tenggara. Klaster Kalimantan dan Sulawesi juga tak kalah mencatat kinerja positif dengan Yulia Hotel Gorontalo sebagai primadona. Tak hanya dari sisi akomodasi, lini Food & Beverage (F&B) turut menyumbang pertumbuhan pendapatan yang menjanjikan.
Strategi promosi yang efektif, tingginya konsumsi tamu, dan peningkatan jumlah wisatawan menjadi faktor utama di balik keberhasilan ini. Mengusung tema “Kembali Fitri Sepenuh Hati”, InJourney Hospitality menghadirkan berbagai program spesial untuk menciptakan pengalaman menginap yang hangat dan berkesan. Mulai dari paket menginap Hari Raya, Halal Bi Halal Buffet, hantaran Lebaran, hingga promosi digital dan melalui agen perjalanan daring.
Direktur Utama InJourney Hospitality, Christine Hutabarat menyampaikan bahwa libur Lebaran tahun ini memberikan kontribusi positif terhadap kinerja seluruh unit hotel InJourney Hospitality.
“Peningkatan tingkat hunian hotel di bawah naungan InJourney Hospitality ini didorong oleh meningkatnya trafik wisatawan, perbaikan layanan, serta penyediaan fasilitas hotel berkualitas, sehingga menjadi magnet kunjungan masyarakat untuk merayakan momen Lebaran bersama InJourney Hospitality. InJourney Hospitality terus berkomitmen untuk menghadirkan layanan terbaik dengan sentuhan keramahtamahan khas Indonesia di setiap touchpoint dan terus melakukan berbagai improvement,” ujarnya.
Christine juga mengungkapkan rasa terima kasih atas kepercayaan para tamu yang telah memilih hotel InJourney Hospitality sebagai tempat menginap selama Hari Raya Idul Fitri. Semoga pengalaman menginap di hotel InJourney Hospitality menghadirkan memorable journey bagi pengunjung.
Terakhir, Christine menegaskan komitmen perusahaan dalam menghadirkan layanan terbaik bagi tamu. Berbagai terobosan dan transformasi terus kami hadirkan guna menciptakan layanan optimal yang berkontribusi positif dalam menstimulus sektor pariwisata.