(Beritadaerah-Surabaya) PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya selama masa angkutan Lebaran Tahun 2025 yang dimulai pada 21 Maret 2025 sampai dengan 11 April 2025 telah melayani sebanyak 968.214 pelanggan. Dengan rincian terdiri dari 481.903 pelanggan yang berangkat, dan 486.311 pelanggan yang turun di Daop 8 Surabaya.
Jumlah penumpang yang berangkat mengalami peningkatan sebesar 15.291 pelanggan atau sekitar 3,2 persen dibanding masa Angkutan Lebaran Tahun 2024 yang berjumlah 466.612 pelanggan.
Dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/4), Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, KAI mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah mempercayakan kereta api sebagai transportasi pilihan dalam mendukung mobilitasnya selama masa Angkutan Lebaran Tahun 2025.
Para pelanggan di wilayah KAI Daop 8 Surabaya selama masa Angkutan Lebaran didominasi dengan tujuan Jakarta 52.803 pelanggan, Yogyakarta 35.334 pelanggan, Semarang 28.082 pelanggan, Bandung 13.051 pelanggan, serta Ketapang 6.025 pelanggan.
Adapun KA jarak jauh tervaforit keberangkatan dari Daop 8 Surabaya yakni KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng – Yogyakarta melayani sebanyak 36.866 pelanggan. Ambarawa Ekspress relasi Surabaya Pasar Turi – Semarang Poncol melayani sebanyak 34.643 pelanggan. KA Airlangga relasi Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen melayani sebanyak 21.108 pelanggan. KA Kertajaya relasi Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen melayani sebanyak 19.814 pelanggan
Selanjutnya, KA Jayabaya relasi Malang – Surbaya Gubeng – Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen melayani 15.357 pelanggan. KA Probowangi relasi Surabaya Gubeng – Ketapang melayani sebanyak 14.484 pelanggan. KA Pasundan Tambahan relasi Surabaya Gubeng – Kiaracondong melayani sebanyak 14.200 pelanggan. KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng – Pasar Senen melayani sebanyak 10.326 pelanggan. KA Tawangalun relasi Malang Kota Lama – Ketapang melayani sebanyak 11.884 pelanggan, dan KA Matarmaja relasi Malang – Pasar Senen melayani sebanyak 11.453 pelanggan.
Keberhasilan angkutan Lebaran 2025 ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh tim KAI Daop 8 Surabaya dan stakeholder yang berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik. KAI mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder terkait yang turut membantu menjaga keamanan dan kenyamanan para pelanggan kereta api. Dengan berakhirnya masa angkutan Lebaran 2025, KAI Daop 8 Surabaya menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan oleh seluruh pelanggan kereta api.